Tuesday, February 7, 2012

WIRESHARK & ANALISA JARINGAN


Network Protocol Analyzer Wireshark

Wireshark – Network Protocol Analyzer Wireshark adalah salah satu dari sekian banyak tool Network Analyzer yang banyak digunakan oleh Network administrator untuk menganalisa kinerja jaringannya. Wireshark banyak disukai karena interfacenya yang menggunakan Graphical User Interface (GUI) atau tampilan grafis. Seperti namanya, Wireshark mampu menangkap paket-paket data/informasi yang berseliweran dalam jaringan yang kita “intip”. Semua jenis paket informasi dalam berbagai format protokol pun akan dengan mudah ditangkap dan dianalisa. Karenanya tak jarang tool ini juga dapat dipakai untuk sniffing (memperoleh informasi penting spt password email atau account lain) dengan menangkap paket-paket yang berseliweran di dalam jaringan dan menganalisanya.
Untuk menggunakan tool ini pun cukup mudah. Kita cukup memasukkan perintah untuk mendapatkan informasi yang ingin kita capture (yang ingin diperoleh) dari jaringan kita.
Berikut tampilan interface Wireshark dan Dialog Capture Option:

 Tampilan dan Capture Option Wireshark
Pertama kita perlu menentukan informasi apa yang ingin kita dapatkan dari jaringan kita. Dalam gambar di atas, Saya memasukkan perintah untuk memfilter paket yang melewati IP Address PC Saya: host 10.122.1.4. Dalam pilihan inerface, jangan lupa memilih interface yang sesuai yaitu melalui LAN/Ethernet Card yang ada di PC Anda. Lalu klik tombol Start. Dan beginilah hasil yang Saya peroleh:


Screeshot Capture Wireshark

Gambar di atas menunjukkan hasil capture dari Wireshark. Saat itu Saya menjalankan aplikasi Winamp yang memainkan file .mp3 dari komputer lain dalam jaringan dengan IP 10.122.1.215 (streaming), kemudian aplikasi Pidgin (jenis Chat client, saat itu Saya memakai protokol Yahoo Messenger-YMSG), serta Saya juga browsing dengan Mozilla Firefox.
Seperti yang bisa Anda lihat, semua paket data/informasi yang melalui interface LAN/Ethernet Card PC Saya akan ditangkap dan ditampilkan dalam layar utama Wireshark. Sumber dan Tujuan Pengiriman Paket, Protokol yang dipakai, serta waktu yang dibutuhkan untuk transfer juga ada. Lebih jauh lagi, di bagian bawah layar utama (tidak terlihat dalam gambar di atas) juga terdapat penjelasan lebih detil apa isi paket-paket di atas.


ANALISA JARINGAN

Apa yang terjadi pada jaringan sederhana yang kita kelola? setiap perusahaan selalu menginginkan dan terus memaksimalkan jaringannya dari yang terendah sampai pada puncak maksimal yang di usahakan secara terus berkelanjutan jangka panjang, semua itu tidak lepas dari stabilitas dan daya tahan, setuju...? Apakah pengguna call dengan keluhan: "Jaringan ini berjalan lambat", atau sudah menunggu sepuluh menit dokumen untuk dicetak", atau "file servernya yang rendah."? Apakah ini jaringan yang sama yang digunakan untuk memiliki satu file server, workstation 25, dan hanya satu protokol jaringan?
Apa yang Anda miliki sekarang adalah sebuah internetwork yang menjalankan TCP / IP, SNA, NetWare, dan protokol NetBEUI. Jaringan sederhana berkembang terdiri dari lima cincin token yang terpisah dengan lebih dari 400 workstation dan file server 30, dan teknisi perusahaan harus ingat dan paham tentang hal ini.
Sebuah jaringan yang digunakan mudah untuk mengelola sekarang memerlukan satu set, yang rumit rumit yang melibatkan langkah-langkah teknis yang bergerak dihitung untuk mengelola internetwork. Teknik yang tersedia untuk membantu Anda mendapatkan pegangan pada jaringan yaitu mengerti bagaimana berjalan dan cara melakukannya, dan juga bagaimana memanfaatkan teknologi inovatif Anda menerapkannya. Anda juga dapat menggunakan teknik-teknik tertentu berdasarkan pengukuran yang dihitung sebagai mengimplementasikan perubahan-perubahan, sehingga jaringan anda akan berjalan dan melakukan yang lebih baik. Ini dikenal sebagai optimasi jaringan.
Jaringan optimasi adalah proses mengukur ke tingkat beban kerja didefinisikan karakteristik jaringan dan kemudian membuat modifikasi untuk tata letak jaringan, desain, dan konfigurasi untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.
Paling sering kadang melibatkan optimasi jaringan menggunakan protocol analyzer untuk mengevaluasi operasi jaringan yang lengkap, termasuk semua hardware dan komponen perangkat lunak. Setelah mengevaluasi kondisi operasional jaringan, langkah berikutnya adalah untuk menyempurnakan semua komponen. Tujuannya adalah untuk membuat komponen-komponen jaringan kerja bersama sehingga internetwork Anda dapat melakukan misi-kritis operasi untuk yang dimaksudkan yaitu pada tingkat kinerja yang lebih tinggi.
Protokol analisis memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan dan melihat data pada jaringan Anda untuk membantu memahami bagaimana data yang bermasalah. Analisa protokol sebagian besar independen dari protokol, sistem operasi jaringan yang dijalankan, atau jenis aplikasi pada jaringan. Protokol analisis perlu dikonfigurasi, dan membutuhkan keahlian tertentu yang ditetapkan untuk menggunakannya secara efektif.
yang perlu diperhatikan lagi adalag Optimasi dan Alat Pemecahan Masalah," membahas secara rinci operasi internal dan kerja dari protocol analyzer. Ini juga mengkaji beberapa yang terkenal, lapangan diterapkan protokol analisis di pasar saat ini.
Hal ini penting untuk memahami bahwa protocol analyzer sebenarnya memungkinkan kita untuk memeriksa protokol pada jaringan. Protokol adalah kendaraan transmisi aktual digunakan untuk mendapatkan data dari satu titik ke titik lain dalam internetwork, terlepas dari entitas melakukan transmisi pada jaringan. Satu-satunya cara untuk benar-benar melihat dan memecahkan masalah dalam protokol itu sendiri adalah dengan protocol analyzer.
Beberapa alat tersedia saat ini memungkinkan kita untuk menampilkan hanya pada statistik dari protokol dan bagaimana cara mempengaruhi jaringan yang lebih tepat diberi label alat pemantauan yaitu sebuah penganalisa protokol yang lebih mendalam dari alat pemantauan, dan memungkinkan kita untuk melihat internal dari protokol dan operasinya.

1.      Memahami Optimasi Jaringan

Optimasi jaringan yang baik memerlukan pemahaman tentang kapan harus menggunakan protocol analyzer atau alat jaringan monitoring untuk mendapatkan statistik untuk fase tertentu optimasi jaringan yang berlaku pada waktu tertentu. Beberapa masalah yang diidentifikasi sementara troubleshooting internetwork yang besar selalu memicu perlunya penganalisis protokol atau alat pemantauan jaringan. (Kemudian dalam buku ini, pembahasan rinci menggambarkan perbedaan antara operasi internal dari alat-alat monitoring jaringan dan analisa protokol.)
Sebelum Anda melangkah lebih jauh, istilah-istilah berikut harus ditentukan :
Topologi adalah layout fisik dan logis dari jaringan. Sebagian besar jenis jaringan memiliki topologi karakteristik.
Protokol jaringan adalah metode, tertib yang ditetapkan oleh perangkat pada LAN dengan berkomunikasi satu sama lain.
Jaringan arsitektur adalah desain yang mengintegrasikan topologi jaringan dengan protokol jaringan. Arsitektur jaringan menggambarkan komponen fisik jaringan, termasuk kabel dan perangkat elektronik.
Bila jaringan yang baru dipasang atau dilaksanakan di lokasi tunggal atau multilokasi, penting untuk mengevaluasi kesehatan keseluruhan jaringan. Tapi ketika jaringan telah berkembang selama jangka waktu yang panjang dan telah mengalami sejumlah modifikasi, jaringan ini dianggap sebuah jaringan, dewasa teknis bermigrasi, dan kemungkinan besar akan menunjukkan berbagai perilaku yang memerlukan alat jaringan pemantauan atau protocol analyzer. Biasanya jaringan ini adalah kandidat utama untuk optimasi jaringan untuk mencapai kinerja terbaik.
Bila jaringan yang tidak berkinerja baik dan mengalami masalah yang memerlukan pemecahan masalah, pendekatan yang lebih baik mungkin untuk upaya optimalisasi kinerja mereka dan operasi, bukan hanya pemecahan masalah untuk menyelesaikan masalah saat ini. Dengan kata lain, perusahaan mungkin perlu untuk mengambil segar melihat pendekatan terhadap masalah jaringan: bukan hanya mengisolasi masalah, mungkin lebih baik untuk memeriksa seluruh jaringan menggunakan protocol analyzer atau alat pemantauan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan.
Sebuah titik fokus optimasi jaringan saat ini adalah bahwa sekarang banyak jaringan yang terhubung ke jaringan lain melalui koneksi jaringan area luas. Berbagai metodologi koneksi luas dan pendekatan yang digunakan, dari sirkuit terhubung langsung ke frame relay implementasi. Semua jenis konfigurasi perlu dioptimalkan. Sebuah penganalisa protokol memungkinkan seorang analis untuk melakukan link komunikasi ukuran dan optimalisasi throughput dari link ke link.
Untuk jaringan saat ini di tempat yang telah mengalami migrasi teknis yang ekstensif selama periode waktu, harus fokus dengan jelas memeriksa jaringan dari garis pangkal. Mendiskusikan jaringan dan bagaimana menggunakannya sebagai metodologi studi untuk jaringan dengan masalah.
Jaringan yang telah mengalami migrasi teknis yang luas mungkin memiliki berbagai komponen teknologi diterapkan di seluruh infrastruktur mereka. Sebagai contoh, jaringan mungkin memiliki beberapa file server di tempat; beberapa aplikasi ditempatkan pada titik-titik yang berbeda; berbagai kelompok pengguna yang berbeda menggunakan layanan dari beberapa titik, sebuah kelompok koneksi jaringan komunikasi, termasuk jalur masuk dan keluar untuk berbagai alasan, dan berbagai pilihan penggunaan jaringan hardware umum dan titik perangkat lunak yang merupakan kunci dan digunakan di seluruh infrastruktur.
Sebuah jaringan yang telah mengalami migrasi yang luas biasanya adalah jaringan yang memiliki perubahan sering dilakukan. Dalam lingkungan jaringan saat ini, staf yang mempertahankan jaringan jenis ini sering tidak punya waktu untuk mengukur dampak dari setiap perubahan, alat, bagaimanapun, yang tersedia untuk melakukannya. Cara yang tersedia untuk mengukur perubahan ini relatif cepat, dan untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana jaringan melakukan dari fase ke fase dan perubahan untuk berubah.
Setiap jaringan beroperasi dengan cara yang khas. Sebagai perangkat keras baru dan teknologi perangkat lunak diimplementasikan pada jaringan, statistik operasional tertentu dapat menunjukkan bagaimana jaringan telah berubah dalam menanggapi bahwa modifikasi tertentu. Sebuah penganalisa protokol dapat digunakan untuk memeriksa jaringan ini setelah setiap perubahan besar telah dilaksanakan pada setiap desain jaringan. Penganalisa protokol dapat digunakan untuk memeriksa arus lalu lintas dan berbagai statistik pada jaringan, setelah perubahan dilaksanakan. Hal ini memungkinkan manajer jaringan atau analis untuk melihat efisiensi dan kinerja jaringan, dan bagaimana perubahan benar-benar terpengaruh kinerjanya.
Melalui dokumentasi yang tepat dan set keterampilan organisasi, manajer analis atau jaringan dapat mengukur perubahan dengan protocol analyzer atau alat jaringan pemantauan, dan kemudian dokumen itu berubah. Hal ini memungkinkan tim manajemen jaringan untuk mengambil dekat terlihat sangat pada apakah modifikasi tertentu itu dibenarkan dan jika perubahan benar-benar diperbaiki atau terpengaruh operasi jalan itu dimaksudkan.
Tujuannya di sini adalah mulai memanfaatkan analisa untuk mengoptimalkan kinerja jaringan sebagai perubahan terjadi. Produk harus dipetik tidak hanya untuk fungsi mereka, tetapi juga untuk utilitas mereka dalam optimasi. Masa depan persyaratan baru bagi jaringan; bandwidth jaringan, bersama dengan semua investasi perangkat keras dan teknologi 'hanya dapat menyediakan kapasitas begitu banyak. Alat-alat yang tersedia saat ini memungkinkan seorang analis untuk memaksimalkan penggunaan jaringan masing-masing dan mengoptimalkan itu, dalam menghadapi perubahan harian.

2.      Implementasi Jaringan Baru

Instalasi jaringan baru biasanya melibatkan berbagai personil dan kelompok produk untuk diterapkan, semua dalam waktu yang cukup singkat. Biasanya pendekatan adalah untuk memiliki semacam rencana proyek, menerapkan produk, dan mengubah jaringan hidup ke dalam fase produksi. Berbagai tes dapat dijalankan dengan protocol analyzer atau alat jaringan monitoring untuk memastikan bahwa kinerja jaringan pada tingkat optimum dari hari dihidupkan kembali ke modus produksi. Buku ini membahas berbagai baselining dan statistik pengujian yang dapat diperiksa dengan alat monitor jaringan dan analisa protokol untuk memverifikasi kesehatan jaringan baru yang akan dipasang.
Kuncinya adalah untuk memastikan bahwa jaringan beroperasi pada tingkat optimum pada tanggal instalasi asli produksi. Karena instalasi jaringan baru dapat melibatkan protokol baru, aplikasi baru, workstation baru dan kerang file server, dan sistem jaringan baru operasi, sangat penting untuk memanfaatkan protocol analyzer untuk fokus pada kinerja dari protokol diterapkan segera setelah pelaksanaan awal jaringan.
Selain itu, banyak shell dan file-server parameter konfigurasi perlu ditetapkan pada awal instalasi jaringan baru yang akan mempengaruhi proses komunikasi jaringan. Sebuah penganalisa protokol memungkinkan pengguna untuk memeriksa kinerja jaringan setelah instalasi, dan untuk membuat perubahan pada konfigurasi pada kedua workstation dan file server untuk melaksanakan kinerja jaringan komunikasi terbaik.
Standar industri pertimbangan throughput yang ada untuk seberapa cepat jaringan data ditransfer melalui jaringan dan bagaimana jaringan melakukan. Buku ini membahas secara rinci tingkat throughput yang mereka dan standar. Sebuah penganalisa protokol modern dilengkapi untuk analisis jaringan di semua wilayah kinerja jaringan utama.

3.      Reaktif Masalah Analisis

Dukungan internetwork berarti sehari tips dari berbagai isu dan masalah. Sejumlah besar keluhan tentang kinerja kekhawatiran hari ini internetwork: jaringan berjalan lambat, jaringan file server hang, gangguan layanan selama operasi file server tertentu, dan sebagainya. Jelas, sejumlah besar masalah koneksi terkait dengan kegagalan komunikasi jaringan karena masalah hardware atau software konfigurasi dan tata letak. Sebuah penganalisa protokol khusus memungkinkan untuk memeriksa jaringan komunikasi yang terjadi antara workstation dan server file dalam semua poin internetwork kunci komunikasi.
Sebuah penganalisa protokol dapat digunakan untuk memeriksa dari awal sampai akhir percakapan yang mungkin terjadi antara workstation dan file server. Waktu spesifik menunjukkan apakah percakapan percakapan terjadi dalam apa yang dianggap sebagai kisaran normal. Kemudian dalam buku ini, standar-standar dan rentang dibahas bersama dengan cara untuk memeriksa mereka interval waktu. Intinya adalah bahwa penganalisis protokol dapat digunakan untuk memeriksa komunikasi pada jaringan yang mengalami masalah, dan Anda dapat memecahkan masalah sejumlah besar kegagalan jaringan dan masalah kinerja dari sudut pandang komunikasi jaringan. Banyak kali, sebuah parameter konfigurasi yang sederhana atau modifikasi kecil untuk perangkat keras atau perangkat lunak tata letak adalah semua yang diperlukan untuk membuat jaringan tampil di tingkat optimal.
Artikel ini membahas beberapa teknik yang berfokus pada kinerja dan operasi waktu untuk komunikasi jaringan. Sadarilah bahwa ketika jenis tertentu dari kegagalan terjadi (misalnya, file server tidak dapat ditemukan atau operasi tertentu dibatalkan), penganalisis protokol dapat digunakan untuk memeriksa timing antara proses-proses tertentu dari workstation dan file server, dan mungkin jelas mengidentifikasi sumber masalah untuk masalah waktu jaringan yang terjadi.

Beberapa statistik yang diperoleh dari alat-alat monitoring jaringan dan analisa protokol dapat mengidentifikasi apakah faktor-faktor lain di jaringan, seperti tingkat lalu lintas tinggi, yang dapat menyebabkan gejala terjadi. Sehinga jelas mempelajari semua teknik dan operasi untuk mengoptimalkan jaringan untuk waktu komunikasi terbaik untuk menghilangkan hambatan untuk kinerja jaringan.

4.      Wide Area Network (WAN) dan Internetwork Analisis

Seperti disebutkan sebelumnya, di lingkungan perusahaan saat ini jaringan banyak yang terhubung ke jaringan lain untuk menciptakan jaringan area luas (WAN) konfigurasi. Hal ini sering terjadi di perusahaan besar, tetapi perusahaan kecil juga menemukan kebutuhan untuk interkoneksi ke situs remote untuk komunikasi jaringan. Ini adalah saat yang tepat untuk memberikan beberapa definisi.
Sebuah internetwork adalah sekelompok jaringan yang menghubungkan bersama-sama di beberapa topologi umum atau untuk berkomunikasi dengan protokol umum atau ganda untuk mencapai interoperabilitas penuh. Istilah jaringan terbuka juga digunakan kadang-kadang. Sebuah jaringan area luas (WAN) adalah jaringan atau internetwork dikonfigurasi lebih dari lokasi geografis yang berbeda. Perhatikan bahwa titik fokus dari jaringan adalah memiliki komunikasi antara berbagai entitas yang berbeda tanpa keterbatasan dan dengan komputasi paling produktif mungkin. Protokol analisis memungkinkan pengguna untuk memeriksa komunikasi antara beberapa jaringan untuk menentukan efektivitas operasi bersama dengan ukuran interoperabilitas yang benar di beberapa link komunikasi.

Ketika beberapa jaringan berkomunikasi, rute perjalanan yang luas biasanya antara titik-titik jaringan berbagai oleh proses yang berbeda yang terlibat. Point-to-point masalah waktu karena itu penting. Sebuah penganalisa protokol atau alat jaringan monitoring, jika benar diterapkan, memungkinkan seorang analis untuk menguji kali transaksi antara titik jaringan yang berbeda dalam sebuah internetwork.
Hubungan komunikasi yang diperlukan dari titik ke titik dalam jaringan, dan ini perlu dikonfigurasi untuk komunikasi optimal. Jika link komunikasi tidak dikonfigurasi dengan benar, kemacetan dapat terjadi dan batas poin-to-point data berkecepatan. Hubungan komunikasi yang dipilih harus berukuran untuk menangani aliran diterapkan / tepat data untuk masalah jaringan yang berbeda. Sebuah penganalisa protokol memungkinkan pengguna untuk memeriksa link komunikasi secara keseluruhan ukuran antara titik yang berbeda, dan memeriksa apakah throughput sebenarnya tampil di tingkat optimal. Secara keseluruhan, pengguna dapat meneliti layout internetwork dari titik ke titik, untuk memverifikasi bahwa jaringan luas dikonfigurasi cara harus dan melakukan pada tingkat optimal.
Berbagai perangkat yang terlibat dalam konfigurasi jaringan luas, termasuk jembatan, router, hub, dan konfigurasi link komunikasi. Semua perangkat ini harus diperiksa, dan protokol analisis dan alat-alat jaringan monitoring adalah cara untuk melakukannya.

5.      Jaringan Modifikasi Analisis

Setelah setiap modifikasi jaringan utama, langkah akhir penting adalah untuk menguji ulang jaringan dengan protocol analyzer untuk mendapatkan patokan tingkat kinerja jaringan. Hanya satu perubahan harus dibuat untuk jaringan pada satu waktu, diikuti dengan pengujian ulang jaringan dengan protocol analyzer untuk melihat efek pada kinerja.
Pengujian jaringan sebelum dan setelah perubahan memungkinkan Anda untuk mengevaluasi dan mendokumentasikan efek performa dari modifikasi jaringan. Sebagai contoh, jika sebuah protocol analyzer ditangkap tertentu workstation-to-file-server membaca di satu menit dan ada sekarang telah upgrade 16-megabyte memori file server, membaca jaringan harus diukur kembali; ini disebut analisis post. Setelah uji analisa selesai, hasil dari analisis pasca menunjukkan workstation-to-file-server membaca 20 detik - ini adalah peningkatan 40-detik pada kinerja untuk tugas tertentu.
Sekarang kita akan lebih memahami apa optimasi jaringan atau network dan mengapa itu diperlukan yaitu jelas untuk menjaga fungsi internetwork pada tingkat kinerja yang optimal, dan berikutnya memperkenalkan dua utama yang paling sering digunakan topologi untuk konfigurasi internetwork, dan perlu diperhatikan Ethernet dan Token Ring, teori optimasi jaringan, optimasi dan troubleshooting alat dan teknik yang diterapkan.


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.

Frizzy's Blogs

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 comments:

Post a Comment